Keutamaan Wanita Berhijab

INGINKAH KAU DIMULIAKAN?

Fatimah r.ha berkata kepada Rasulullah SAW : “Wahai Rasulullah,jika seseorang itu dapat menjaga auratnya adalah manis dari pada madu,tetapi untuk mengamalkannya adalah lebih halus daripada sehelai rambut karena untuk menjaga sehelai rambut sangat sulit.”

Allah SWT telah mewajibkan ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya berdasarkan firman Allah SWT :

وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلَا مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَمْرًا أَنْ يَكُونَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا مُبِينًا

” Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mu’min dan tidak pula bagi perempuan yang mu’minah,apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan,akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka.Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sesungguhnya dia telah sesat,dengan kesesatan yang nyata.” (Q.S.Al-Ahzab:36)

Keutamaan berhijab bagi seorang perempuan sudah Allah SWT dan Rasulullah SAW sebutkan,apa hikmah dibalik memakai kain yang menutupi keindahan tubuh seorang wanita? Yang sebagian berfikir kain tersebut akan membuat panas,gerah,repot dan ribet rasanya,tetapi kenapa perempuan-perempuan yang memakai jilbab tidak segera melepasnya jika memang begitu buruknya atau tidak ada hikmah dari memakai jilbab?

Saat pertama kali ayat tentang berhijab turun dari Allah SWT :
“dan katakanlah kepada perempuan yang beriman,…dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya,dan janganlah menampakkan auratnya…” (An-Nur 31), Para muslimah mengambil apa saja yang ada disekitar mereka,selendang,tirai,bahkan karung,untuk menutup auratnya.Karena yang memerintahkan bukan sekedar penasihat,bukan pula teman atau orang tua kita,tapi Allah SWT, Sang Maha Pencipta, Yang menciptakan kita,mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Dari ayat tersebut dapat diambil hikmah salah satu keutamaan berhijab,yaitu iman.Karena diawal ayat Allah SWT mengatakan ayat tersebut diperuntukkan bagi perempuan beriman,maka salah satu keutamaan berhijab adalah ia merupakan bukti dari iman kita kepada Allah SWT.Memakai jilbab/hijab adalah perintah Allah SWT,dan menaati perintah Allah SWT adalah wujud iman dan wujud taqwamu.karena pengertian dari taqwa itu sendiri adalah menaati perintah Allah dan menjauhkan larangan-Nya.

Allah SWT pun berfirman :
“Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal,dan agar mereka tidak diganggu”.(Q.S. Al-Ahzab :59)

Dengan memakai jilbab,wanita tersebut akan dikenali sebagai muslimah,wanita yang beragama islam,yang mengenal nilai-nilai islam,yang juga mentaati perintah Tuhan-Nya untuk berjilbab.Selain itu dengan berhijab seorang perempuan secara tidak langsung menghormati dirinya,menahan diri dari perbuatan yang tidak pantas dilakukan seorang muslimah,dan menjaga diri dari gangguan pandangan mata orang lain yang mengagumi sosoknya.karena itu mereka pun tidak diganggu.Saat seorang wanita tidak diganggu,kesuciannya pun terjaga dibalik hijabnya,seperti yang Allah perintahkan dan isyaratkan dalam ayat-Nya :

وَإِذَا سَأَلْتُمُوهُنَّ مَتَاعًا فَاسْأَلُوهُنَّ مِنْ وَرَاءِ حِجَابٍ ذَلِكُمْ أَطْهَرُ لِقُلُوبِكُمْ وَقُلُوبِهِنَّ

“Apabila kamu meminta suatu (keperluan) kepada mereka (istri-istri Nabi),maka mintalah dari belakang tabir (hijab).Cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka.” (Q.S. Al-Ahzab:53)

Pernah atau sering kita lihat wanita yang masih berpakaian minim,tanpa sadar,saat mereka melakukan gerakan-gerakan yang dapat menyingkap auratnya,maka secara otomatis tangan atau kesadarannya mencegahnya untuk terlihat,kenapa? karena tanpa sadar mereka malu,karena hati kecilnya mengingkari meyingkapnya aurat,karena memang fitrah dan kodrat wanita adalah menutup auratnya.Maka hijab tidak lain adalah wujud malu seorang wanita muslimah,dan hal itu setara dengan iman seseorang,dengan akhlak seseorang,seperti Rasulullah sabdakan :

‘”Malu itu adalah sebagian dari iman dan iman itu disurga”

“Malu dan iman itu bergandengan bersama,bila salah satunya di angkat maka yang lainpun akan terangkat”

“Sesungguhnya setiap agama itu memiliki akhlak dan akhlak islam itu adalah rasa malu”

Betapa indahnya Allah ciptakan rasa malu pada hamba-Nya,bayangkan apa jadinya jika tidak ada rasa malu pada diri kita?

Apabila direnungi,hikmah hijab tidaklah hanya untuk diri sendiri,tetapi juga untuk orang-orang di sekitarnya,orang -orang yang menyayangi dan mengkhawatirkannya.Betapa kita sebagai anak akan memberikan rasa tenang pada hati kedua ibu bapak kita jika anak perempuannya telah melindungi dirinya dengan pakaian yang menyejukkan hati,sehingga ia tidak mudah diganggu orang-orang fasik saat akan meninggalkan rumah.Begitu juga dengan suaminya.hatinya akan lebih tentram jika istrinya hanya untuk dirinya,bahwa istrinya terjaga dari pandangan pria-pria lain yang bukan muhrimnya.karena itu,dapat dikatakan hijab selaras dengan pelindung dan perasaan cemburu yang merupakan fitrah orang tua maupun suami,seorang lelaki sempurna yang tidak senang dengan pandangan-pandangan khianat yang tertuju kepada istri dan anak wanitanya.

Ali bin Abi Thalib ra berkata : ” Telah sampai kepadaku bahwa wanita-wanita kalian berdesak-desakkan dengan laki-laki kafir orang ‘ajam (non arab) di pasar-pasar,tidakkah kalian merasa cemburu? Sesungguhnya tidak ada kebaikan pada seseorang yang tidak memiliki perasaan cemburu.”

“Dan katakanlah kepada perempuan yang beriman,..dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya,dan janganlah menampakkan auratnya..” (Q.S. An-Nur : 31)

” Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka.Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal,dan agar mereka tidak diganggu.” (Q.S Al-Ahzab : 59)

Saudariku,menutup dan mengulurkan berbeda dengan membungkus,mengulurkan tidak hanya menutup lembaran kulit.Alangkah sia-sianya jika yang kita lakukan hanya sekedar membungkus,sedangkan perintah Allah tidak mungkin sia-sia.Dengan membungkus,kulit memang tidak terlihat tapi tiap-tiap lekuk tubuh dan rambut masih tergambar jelas,dibalik kain yang transparan atau kain yang ketat.Hikmah berjilbab adalah mengangkat derajat seorang muslimah,bukan hanya sekedar kulitnya tidak terlihat.Derajatnya diangkat dengan menjauhkannya dari syahwat yang bukan muhrimnya,sehingga ia dinilai berdasarkan kecerdasan pribadinya,kebaikan akhlaknya,tidak hanya sekedar tampilan luar atau bahkan lekuk tubuhnya yang dapat hilang dengan sekejap jika Allah berkehendak.Percayalah,Allah Yang Paling Tahu diri kita,apa yang baik dan apa yang kita butuhkan,bahkan lebih dari kita sendiri.Betapa Allah menyayangimu,dan betapa islam memuliakanmu wahai saudariku.

Sekarang pertanyaannya, sayangkah kau pada dirimu? Inginkah kau dimuliakan?

 

palembang, 141110, 10.01

nb: terimakasih untuk teman saya atas bantuannya dalam menulis  artikel ini.








 


22 comments
  1. MENONE said:

    begitu besar ya makna dari jilbab…………….namun banyak dr mrk ga menyadarinya

  2. Ibnunurkholis said:

    dan dengan memakai hijab, yakinlah tidak akan mengurangi kecantikan, jangan takut bakal tidak dapat jodoh, jodoh sudah ditakdirkan oleh Allah. Ayo tunggu apa lagi nih?????

  3. intan said:

    hello-hello-hello,
    saya sudah pakek jibab dan saya sayang diri saya. hihi..
    nice post om, salam buat temennya :D

  4. opie said:

    hmmm..

  5. Sya said:

    thanks ya utk info-nya. alhamdulilah sangat bermanfaat bagi saya yg baru berhijab. :)

    • alhamdulillah juga. untung emak gue berjilbab. wahaha

  6. Tari-ssi said:

    InsyaAllah…. mudah2an diberi amanah juga nantinya untuk berjilbab, mungkin saat ini awalnya menjilbabkan hati dulu ya :-)

    aku selalu suka melihat teman dan sepupu saya berjilbab.

  7. fevy09 said:

    Alahamdulillah… ayo cewek2 semangat berhijab !!!

  8. syamunief said:

    ^___^b

  9. alhamdulillah adik perempuan saya sudah berjilbab….

  10. Kakak saya pakai julbab yang besar banget!!
    Tapi untung keluarga gak ada yg protes,, saya sih mendukung,, :D

    salam kenal,, ^__^

  11. choirul said:

    wanita yang berjilbab itu pasti kelihatan lebih anggun dan mempesona….

  12. memandang wanita berjilbab memang terasa teduh dan menyejukkan. :)

  13. syakira said:

    sy kurang lbh br 1 bln berhijab alhamdulilah. . . .smuax terasa mudah n pnh dgn hidayah. . . Smg ALLAH SWT selalu menberi kt smua petunjuk yg lurus amin.. .

  14. Nurul hikmah said:

    Assalamualaikum saya berniat untuk berhijab tetapi saya masih labil,kalo misalkan saya hanya berhijab diluar rumah tetapi dirumah tidak berhijab itu gimana ya?

  15. Ratna PurnamaSari said:

    Alhmmdulillh…..setelah saya berhijab sprti ini…diri saya mnjadi nyaman dan tnang jiwa ku ini…terima kasih Ya Allah Engkaku mmbrikn hidayah ini kpda ku….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: