Hikmah

hari ini saya tersadar.
bahwa hidup ini bukan hanya melulu tentang saya,selama ini saya selalu mengeluh tentang kesusahan yang melanda,baru dapet musibah kecil aja pasti mengeluh,dapet masalah mengeluh,apa-apa mengeluh.dan terlebih lagi adalah saya berburuk sangka kepada Allah swt tentang semua hal yang membuat saya bertanya-tanya. kenapa harus saya? saya merasa malu terhadap diri saya sendiri,rezeki yang begitu besar,terus menerus tanpa henti,makan masih 3 kali sehari,bahkan untuk membeli baju baru masih ada dalam pikiran saya.

Sepertinya saya lupa bahwa masih ada orang lain selain saya yang bisa dikatakan nasibnya tidak lebih baik dari saya,yang untuk makan sehari-hari saja sulit,ekonomi yang tidak menentu,belum lagi dengan tekanan batin atau permasalahan yang mengelilingi.mengeluhkah mereka?

ada baiknya saya semestinya lebih bijak dalam menjalani hidup tanpa harus sering mengeluh dan berbaik sangka kepada Allah swt terhadap ujian ataupun cobaan dari-Nya yang menimpa saya.karena apapun ujiannya,percayalah bahwa ada hikmah yang terkandung didalamnya setelah itu.

“lebih membuka mata dan lebih melihat disekeliling”,mungkin hidup akan lebih mudah dan indah apabila saya saling berbagi dengan orang2 yang lebih membutuhkan.

masih pantaskah saya untuk mengeluh?

4 comments
  1. Sya said:

    Hidup itu 10% dari Allah, 90%-nya tergantung bagaimana kita menyikapinya. Mau bersyukur atau mengeluh. Saya belajar untuk tidak mengeluh karena saya malu, Allah selalu memberi saya nikmatNya. Saya selalu ingat dengan ayat ini, “Maka nikmat Tuhanmu yang mana yang hendak kau dustai?”
    Alhamdulillah kamu sudah menemukan hikmah dari setiap ujianNya. Semoga lulus dan naik kelas🙂 Amin YRA.

  2. dhebu said:

    “lebih membuka mata dan lebih melihat disekeliling”,mungkin hidup akan lebih mudah dan indah apabila saya saling berbagi dengan orang2 yang lebih membutuhkan.
    yaphh..betul bgt😀

Leave a Reply

